Penelitian Tindakan Kelas – Beberapa Kriteria yang Biasanya Dinilai

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Friday, February 20, 2009

Penelitian Tindakan Kelas – Beberapa Kriteria yang Biasanya Dinilai

Penelitian Tindakan Kelas – Beberapa Kriteria yang Biasanya Dinilai


Peenelitian tindakan kelas yang baik biasanya akan memenuhi berbagai kriteria, sehingga apabila dilaksanakan akan memperoleh hasil sesuai yang diharapkan: yaitu peningkatan mutu pembelajaran. Beberapa kriteria yang merujuk pada penelitian tindakan kelas yang baik antara lain:

  • Perumusan Masalah (terutama: asal, relevansi, dan cakupan permasalahan).

  • Cara Pemecahan Masalah (terutama: rancangan tindakan, dan kontekstualitas tindakan, kriteria keberhasilan sebuah tindakan).

  • Kemanfaatan Hasil Penelitian (terutama: potensi untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas isi, proses, masukan, atau hasil pembelajaran dan/atau pendidikan).

  • Prosedur Penelitian (terutama: prosedur diagnosis masalah, perencanaan tindakan, prosedur pelaksanaan tindakan, prosedur observasi dan evaluasi, prosedur refleksi hasil penelitian).

  • Kegiatan Pendukung (terutama: jadwal penelitian, sarana pendukung pembelajaran masing-masing anggota penelitian dalam setiap kegiatan penelitian, dan kelayakan pembiayaan).

Beberapa artikel tentang penelitian tindakan kelas:
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...