Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match (membuat pasangan) – Langkah-Langkah Pembelajaran

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Tuesday, March 3, 2009

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match (membuat pasangan) – Langkah-Langkah Pembelajaran

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match (membuat pasangan) – Langkah-Langkah Pembelajaran

Muhammad Faiq Dzaki

Langkah-langkah:
1) Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep/topik yang cocok untuk sesi review (satu sisi kartu berupa kartu soal dan sisi sebaliknya berupa kartu jawaban)
2) Setiap siswa mendapat satu kartu dan memikirkan jawaban atau soal dari kartu yang dipegang.
3) Siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (kartu soal/kartu jawaban)
4) Siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
5) Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya
6) Kesimpulan.

16 comments:

Anonymous said...

tolong dijelaskan cara pengelompokan model pembelajaran kooperatif tipe make a match tersebut ya? kerena kalau dilihat langkah-langkah yang ada kooperatifnya belum kelihatan... tolong di jelaskan ke email saya alamatnya tya_54@yahoo.com untuk keperluan skripsi saya. terima kasih sebelumnya

Anonymous said...

Mohon dijelaskan kekurangan dan kelebihan make a match! Apakah model ini cocok atau bisa dipakai pada mapel yang berupa hafalan? Tolong kirim ke email Saya ikma_akim@yahoo.com dibutuhkan untuk skripsi.
Terimakasih.

Anonymous said...

mohon lbh djlskan lg lbh terperinci langkah2 nya. tlng krim kan ke email saya Dyeabbas@yahoo.com.
terimakasih,

Anonymous said...

ada jurnal tentang pembelajaran kooperatif tipe make a match gak? kalau ada tolong kirimi sebanyak-banyaknya ke email saya uniquely_nabil@yahoo.com. terimakasih....

Anonymous said...

minta referensi tentang metode ini dunk,, saya bujtuh banget buat skripsi saya..
klo bisa kirim ke email saya yach..
die_cool46@yahoo.co.id

Anonymous said...

Minta artikel yang dapat memuat mengenai model pembelajaran Make A Match nya donk? Plise,, Kalo bisa dari sintakmatik mpe dampak instruksionalnya nya?dan latar belakang adanya pembelejaran dengan model tersebut..!! Plise kirim ke email saya (presto_rio@telkom.net).. terima kasih banyak

Anonymous said...

kalau bole saya minta referensinya, dan mungkinkah sintaknya lebih terperinci lagi...??? saya butuhkan untuk skripsi saya... tolong ya kirim ke email saya (dessymayaut@yahoo.co.id) makasih....!!!

Anonymous said...

saya minta tolong dikirimkan daftar buku-buku referensi model pembelajaran make a match yang bahasa indonesia. terima kasih.
kirim ke email saya cah_kradenan@yahoo.co.id

Anonymous said...

klo boleh saya minta penjelasan selengkapnya yach... gmna langkah2 yg lengkap, apa kekurangan n kelebihan'y,dll.. referensi'y jg...tlg krm k email sya aj y...(pipit_cute77@yahoo.co.id) mkch sblum'y...

Anonymous said...

kalo boleh saya minta penjelasan yang lebih terperinci tentang kekurangan dan kelebihan model pembelajaran tipe make a macth ,serta reperensi yang bersangkutan .saya sangat perlu untuk bahan skripsi saya.kirim ke alamat email saya ( g4lfr1@yahoo.com)

Trisnandika said...

tolong kirimkan kelebihan dan kekurangan dari model pembelajaran kooperatif tipe make a match y dan referensinya y .. kebetulalan proposal saya menggunakan model ini... saya baru dapat refrensi cuma dari buku "Cooperative Learning ( Anita Lie)" dan saya msh membutuhkan refrensi dari buku lainnya.. tolong kirimkan ke email saya ya , alamatnya dikapd_88@yahoo.co.id ... terimakasih

EMAK PANDU said...

kurang jelas n kuranglengkap brow....

Arlan Aditiyajaya said...

saya lagi butuh buku utk referensi PTK model Make a match tolong dong kirim judul buku, pengarang dan penerbitnya, ditunggu secepatnya.. please ya minta tolong nian.. bisa di kirim ke face book:Arlan Aditiyajaya atau ke e-mail:adityajaya_08@yahoo.com atau smskan ke no HP:08127893657
makasih sebelum dan sesudahnya.. lam kenal...

Anonymous said...

TOLONG REFERENSINYA N BUKU-BUKU YANG BERKAITAN DENGAN TIPE MAKE A MATCH

Anonymous said...

ada referensi jurnal atau buku tentang pembelajaran model make a match g???kl ada tlng saya dikasih info lewat email y.trimakasih.
umisyarifahh91@gmail.com

Anonymous said...

dibagi berapa kelompok dalam pembelajaran menggunakan make a match method? berdasarkan buku yang saya baca, ada yang menggunakan kelompok penilai dan ada juga yg tidak menggunakan kelompok penilai. mohon dijelaskan ke email saya Tato_sae@yahoo.com dibutuhkan untuk skripsi. terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...