Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (model tim ahli) – Langkah-Langkah Pembelajaran

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Tuesday, March 3, 2009

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (model tim ahli) – Langkah-Langkah Pembelajaran

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (model tim ahli) – Langkah-Langkah Pembelajaran

Muhammad Faiq Dzaki


Langkah-langkah:
1) Siswa dikelompokkan dengan anggota ± 4 orang
2) Tiap orang dalam tim diberi materi dan tugas yang berbeda
3) Anggota dari tim yang berbeda dengan penugasan yang sama membentuk kelompok baru (kelompok ahli)
4) Setelah kelomppok ahli berdiskusi, tiap anggota kembali kekelompok asal dan menjelaskan kepada anggota kelompok tentang subbab yang mereka kuasai
5) Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
6) Pembahasan
7) Penutup

7 comments:

Anonymous said...

keren2,tapi kacian yang kemampuannya dibawah rata2

Anonymous said...

thanks penjelasan yang simple tapi bermanfaat...
http://curhatguru.blogspot.com

Anonymous said...

pembelejaran ini sanagat berguna untuk anak-anak, dlm perkuliahan saya sudah menggunakan tipe ini

Anonymous said...

pembelajaran ini menuntut semua siswa aktif dan bertanggung jawab pada tugas masing-masing untuk ditularkan pada anggopta kelompok yang lain.
"from ismanto smp 1 kumai kalteng"

Isman said...

Makasih byk , bro admin ,bro penulis. Artikelnya sgt mmbantu...

Anonymous said...

kalau bleh cantumkan juga tujuan,alasan,kelebihan dan kekurangan dari model pembelajaran ini

Anonymous said...

KELEBIHAN Jagsaw :
- Melibatkan semua siswa dalam diskusi
- Meltih siswa mengemukakan pendapat, gagasan dsb dalam
- diharapkan siswa dapat lebih aktif karena yang terlibat adalah sesama mereka
- dst

KELEMAHAN Jigsaw :
- Model ini paling cocok diterapkan di daerah yang kultur belajarnya sudah kondusif
- Bagi siswa yang komunikasi sosialnya kurang bagus maka banyak kendala akan ditemukan
-dst

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...