Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning)

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Sunday, March 8, 2009

Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning)

Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning)

Muhammad Faiq Dzaki

Pembelajaran dengan penernuan (Discovery Learning) merupakan suatu komponen penting dalam pendekatan konstruktivis yang telah memiliki sejarah panjang dalam dunia pendidikan. Ide pembelajaran penernuan (Discovery Learning) muncul dari keinginan untuk memberi rasa senang kepada anak/siswa dalam "menemukan" sesuatu oleh mereka sendiri dengan mengikuti jejak para ilmuwan. (Nur 2000).

Pembelajaran penernuan dibedakan menjadi 2, yaitu pembelajaran penemuan bebas (Free Discovery Learning) atau sering disebut open ended discovery dan pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery Learning) (UT 1997). Dalam pelaksanaannya, pembelajaran penernuan terbimbing (Guided Discovery Learning) lebih h banyak diterapkan, karena dengan petunjuk guru siswa akan bekerja lebih terarah dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Namun bimbingan guru bukanlah semacam resep yang harus dlikuti tetapi hanya merupakan arahan tentang prosedur kerja yang diperlukan.

Carin (1993) memberi petunjuk dalam merencanakan dan menyiapkan pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery Learning) sebagai berikut. a. Menentukan tujuan yang akan dipelajari oleh siswa: (1) Memilih metode yang sesuai dengan kegiatan penernuan; (2) Menentukan lembar pengamatan data untuk siswa; (3) Menyiapkan alat dan bahan secara lengkap; (4) Menentukan dengan cermat apakah siswa akan bekerja secara individu atau secara berkelompok yang terdiri dari 2‑5 siswa; (5) Mencoba terlebih dahulu kegiatan yang akan dikerjakan oleh siswa.

Untuk mencapai tujuan di atas Carin (1993) menyarankan hal‑hal di bawah ini: (1) Membantu siswa untuk memahami tujuan dan prosedur kegiatan yang harus dilakukan; (2) Memeriksa bahwa semua siswa memahami tujuan dan prosedur kegiatan yang harus dilakukan; (3) Menjelaskan pada siswa tentang cara bekerja yang aman; (4) Mengamati setiap siswa selama mereka melakukan kegiatan; (5) Memberi waktu yang cukup kepada siswa untuk mengembalikan alat dan bahan yang digunakan; (6) Melakukan diskusi tentang kesimpulan untuk setiap jenis kegiatan.

Berikut beberapa saran tambahan berdasarkan pada pendekatan penemuan dalam pengajaran (Nur 2000): (1) Mendorong siswa mengajukan dugaan awal dengan cara mengajukan pertanyaan membimbing; (2) Menggunakan bahan dan permainan yang bervariasi; (3) Menggunakan sejumlah contoh yang kontras atau memperlihatkan perbedaan yang nyata dengan materi ajar mengenai topik‑topik terkait; (4) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mernuaskan keingintahuan mereka, meskipun mereka mengajukan gagasan‑gagasan yang tidak berhubungan langsung dengan pengajaran; (5) Menggunakan sejumlah contoh yang kontras atau memperlihatkan perbedaan yang nyata dengan materi ajar mengenai topik‑topik terkait

5 comments:

Admin said...

http://www.pastilaba.com/?id=pusatlaba
Ayo Join PASTILABA

Sunny Pemburu said...

Makasih mas,...

mantab banget nih blog...
==========
oya, mau nanya, ada refrensi Accelerated Learning gak???

kalau ada, mohon informasinya..

mohon info ke blogku ya, jika ada...

Thanks....

Rosyid_BKsmpn1kendal said...

assalamu 'alaikum
membaca blog saudara saya merasa tertarik dan ingin selalu mengikuti. dengan keberadaan sekolah kami yang jauh dari fasilitas perpustakaan, kami kesulitan mendapatkan informasi tentang model-model pembelajaran terbaru. mohon diberikan informasi lebih mengenai pembelajaran penemuan terbimbing. kalo sempat tolong diposkan ke email: nadwa.nur@gmail.com
terima kasih atas infonya
wassalamu'alaikum

Unknown said...

syalomm...
saya sangat tertarik menerapkan metode ini di dalam kelas. karena selama ini saya mengajar dengan metode konvensional. tapi mungkin saya masih butuh informasi yang lebih lengkap lagi tentang langkah-langkah penerapan metode ini biar saya bisa menerapkannya. tolong ya mas..

avrilia said...

bisa ditunjukkan bentuk RPP nya tidak??untuk model pembelajaran guided discovery??

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...