Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction)

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Friday, March 6, 2009

Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction)

Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction)

Muhammad Faiq Dzaki


Pemilihan model pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat dipengaruhi oleh sifat dari materi yang akan diajarkan, juga dipengaruhi oleh tujuan yang akan dicapai dalam pengajaran tersebut dan tingkat kemampuan peserta didik. Di samping itu pula setiap model pembelajaran selalu mempunyai tahap-tahap (sintaks) yang dilakukan oleh siswa dengan bimbingan guru. Antara sintaks yang satu dengan sintaks yang lain mempunyai perbedaan. Oleh karena itu guru perlu menguasai dan dapat menerapkan berbagai model pembelajaran, agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai setelah proses pembelajaran sehingga dapat tuntas seperti yang telah ditetapkan. Tetapi para ahli berpendapat bahwa tidak ada model pengajaran yang lebih baik dari model pengajaran yang lain.(Kardi dan Nur, 2000b : 13).

Model Direct Intruction merupakan suatu pendekatan mengajar yang dapat membantu siswa dalam mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarkan selangkah demi selangkah. Pendekatan mengajar ini sering disebut Model Pengajaran Langsung (Kardi dan Nur,2000a :2). Arends (2001:264) juga mengatakan hal yang sama yaitu :”A teaching model that is aimed at helping student learn basic skills and knowledge that can be taught in a step-by-step fashion. For our purposes here, the model is labeled the direct instruction model”. Apabila guru menggunakan model pengajaran langsung ini, guru mempunyai tanggung jawab untuk mengudentifikasi tujuan pembelajaran dan tanggung jawab yang besar terhadap penstrukturan isi/materi atau keterampilan, menjelaskan kepada siswa, pemodelan/mendemonstrasikan yang dikombinasikan dengan latihan, memberikan kesempatan pada siswa untuk berlatih menerapkan konsep atau keterampilan yang telah dipelajari serta memberikan umpan balik.

Model pengajaran langsung ini dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang terstruktur dengan baik, yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap, selangkah demi selangkah. Hal yang sama dikemukakan oleh Arends (1997:66) bahwa: “The direct instruction model was specifically designed to promote student learning of procedural knowledge and declarative knowledge that is well structured and can be taught in a step-by-step fashion.”

Lebih lanjut Arends (2001:265) menyatakan bahwa: ”Direct instruction is a teacher-centered model that has five steps:establishing set, explanation and/or demonstration, guided practice, feedback, and extended practiceA direct instruction lesson requires careful orchestration by the teacher and a learning environment that businesslike and task-oriented.” Hal yang sama dikemukakan oleh Kardi dan Nur (2000a : 27), bahwa suatu pelajaran dengan model pengajaran langsung berjalan melalui lima fase: (1) penjelasan tentang tujuan dan mempersiapkan siswa, (2) pemahaman/presentasi materi ajar yang akan diajarkan atau demonstrasi tentang keterampilan tertentu, (3) memberikan latihan terbimbing, (4) mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik, (5) memberikan latiham mandiri.

Pustaka
Kardi, S. dan Nur M. 2000a . Pengajaran Langsung. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya University Press.

Arends, R.I. 2001. Learning to Teach. New York:Mc graw Hill Companies, Inc

7 comments:

pipit said...

assalam, pak, apakah model ini yang dimaksud dg explicit instruction?, saya sedang membuat makalah tentang explicit instruction tapi saya kesulitan dengan dasar teori mengenai explicit instruction, dapatkah anda membantu saya?kira@ model ini kapan dicetuskan?

sakuralibra said...

asslmkm, pak saya ada tugas ttng model pembelajaran TGT Yang ada dlm pembelajaran langsung. msalhnya mkalahx, itu urutan pembelajran langsung yang terdiri dari TGT??????

ely said...

aslm..pak mw nanya apa bedanya model ini dengan metode ceramah atau metode konvensional yang selama ini di pakai.thx

ely said...

aslm.pak mw nanya, apa bedanya dengan metode ceramah?
trus hubungannya dengan pengajaran konvensional yang selama ini di pakai oleh guru2.thx

me said...

Direct Intruction sama tdk dg Deductive Learning? terimakasih

artikel berita terbaru said...

menarik sekali artikelnya, model pembelajaran mungkin perlu melalui interaktivitas antara guru dan murid dan bukan lagi kaya model caramah... murid akan diajak lebih aktif krn ada dialog...makasih infonya

Anonymous said...

pak saya sedang manyusun skripsi dengan menggunakan model ini, tetapi saya kesulitan untuk medapatkan buku karangan mohammad nur yang model pengajaran langsung terbitan unesa, apakah ada informasi dmn saya bisa mendapatkan buku itu. makasi sebelumnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...