Syarat-Syarat Penelitian yang Baik

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Sunday, March 1, 2009

Syarat-Syarat Penelitian yang Baik

Syarat-Syarat Penelitian yang Baik


Muhammad Faiq Dzaki

Seiap penelitian harus memenuhi beberapa syarat, di antaranya adalah:

Metode yang Digunakan Mengacu pada Hasil yang Objektif

Sebuah penelitian harus mengikuti metode yang ketat, “rigorous”, yang secara berdisiplin berpegang teguh pada aturan-aturan tertentu agar mencapai hasil yang objektif. Bila dalam pelaksanaan penelitian si peneliti melenceng dari metode yang telah dirancangnya dengan baik, maka seringkali objektivitas hasil penelitiannya akan dipertanyakan, atau patut dipertanyakan. Penelitian yang baik berpegang teguh pada nilai kejujuran dan memperkecil kemungkinan terjadinya bias antara kondisi nyata dengan data dan kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian.

Data dan Penafsirannya Valid

Dalam pelaksanaan penelitian seorang peneliti harus sedapat mungkin membatasi kekeliruan atau kesalahan dalam data yang dikumpulkan maupun dalam penafsirannya.Banyak usaha yang dapat dilakukan seorang peneliti untuk hal ini. Misalnya untuk memperoleh data yang valid, peneliti harus merancang dan menggunakan instrumen penggali data yang baik. Jangan sampai data yang diperoleh tidak bersesuaian dengan kenyataan hanya karena kesalahan alat ukur atau penggali data. Peneliti juga harus mengupayakan teknik-teknik analisis data yang sesuai dengan data dan tujuan penelitiannya sehingga hasil penafsirannya dapat memiliki nilai kebenaran dan kemanfaatan.

Publikasi Ilmiah 

Setiap penelitian selesai dilakukan dan laporan telah ditulis dengan baik, maka kelanjutan prosesnya adalah publikasi ilmiah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Satu tujuan penting dari publikasi ini adalah agar laporan yang dihasilkan mendapat kesempatan untuk mendapatkan kritik dari semua pihak, pembantahan, ditolak, diterima, atau penerimaan dukungan.

Demikian tulisan tentang syarat-syarat penelitian yang baik di blog penelitian tindakan kelas dan model pembelajaran ini. Semoga bermanfaat.

Beberapa artikel tentang penelitian tindakan kelas lainnya:

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...