Menerapkan Kegiatan Bermakna dalam Pembelajaran

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Thursday, April 5, 2012

Menerapkan Kegiatan Bermakna dalam Pembelajaran

Seorang guru dapat mempertimbangkan beberapa panduan berikut ini untuk menciptakan aktivitas (kegiatan pembelajaran) yang bermakna dan menghargai semua siswa:
  • Secara eksplisit mendiskusikan tujuan kegiatan pembelajaran kepada siswa dan manfaatnya bagi mereka
  • Menyediakan arahan yang jelas dan harapan yang guru hendaki untuk mengurangi ketidakefektifan, keterkejutan, dan kekecewaan.
  • Menantang semua siswa untuk bekerja (melaksanakan aktivitas pembelajaran) sesuai potensi yang masing-masing mereka miliki.
  • Gunakan profil siswa, pre-tes, dan informasi lainnya untuk membuat aktivitas pembelajaran
  • Antisipasi setiap tantangan atau hambatan untuk proses belajar mereka dan membangun dukungan untuk mengurangi hambatan tersebut
  • Berbagi atau mengembangkan alat asesmen bersama-sama siswa (dalam hal kriteria, rubrik, contoh, dsb) untuk memperjelas apa yang diharapkan oleh guru untuk mereka kuasai
  • Menyediakan sumber belajar yang mungkin siswa butuhkan untuk aktivitas pembelajaran mereka, yang mudah mereka akses, menarik, dan membangun pemahaman
  • Rancang agar aktivitas pembelajaran bersifat efisien dan tetap dapat menjaga momentum sehingga siswa tetap fokus pada pembelajaran
  • Ases dan perbaiki aktivitas-aktivitas dan tugas-tugas pembelajaran yang telah dibuat untuk memaksimalkan pembelajaran yang guru berikan pada masa-masa yang akan datang
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...