Saya Seorang Guru dan Saya Ingin....

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Friday, May 4, 2012

Saya Seorang Guru dan Saya Ingin....

Keinginan Seorang Guru ...


Berkomitmen pada siswa dan pembelajaran siswa saya dengan:

  • Membuat pembelajaran yang saya lakukan dapat diakses oleh semua siswa saya, dan selalu yakin – percaya bahwa siswa saya mampu belajar dan mengikuti semua pembelajaran bersama saya. 
  • Tidak membeda-bedakan siswa. Mereka kedudukan mereka sama di mata saya, tetapi sekaligus saya menyadari bahwa mereka mempunyai perbedaan-perbedaan yang membuat mereka saling unik satu sama lain. 
  • Memahami bagaimana siswa saya tumbuh dan berkembang serta belajar. Saya akan selalu merhargai perbedaan kultural, agama, sosial, dan keluarga yang masing-masing mereka bawa kedalam kelas saya. 
  • Peduli pada konsep diri yang telah dimiliki siswa saya, motivasi mereka, dan efek dari pembelajaran mereka saat bekerja sama dengan teman-temannya. Peduli dengan perkembangan karakter dan tanggungjawab sosial mereka. 

Mengetahui dan menguasai materi pelajaran yang saya harus ajarkan, serta bagaimana cara membelajarkan materi pelajaran tersebut kepada siswa saya. Hal ini mewujud pada:

  • Penguasaan materi yang saya ajarkan. Dan saya mempunyai pemahaman mendalam tentang sejarah, struktur, dan aplikasi di dunia nyata tentang materi pelajaran itu. 
  • Keterampilan dan pengalaman dalam mengajar saya, di mana saya menyadari secara gamblang konsepsi awal yang dibawa siswa saya sebelum mengikuti pembelajaran bersama saya. 
  • Kemampuan saya untuk menggunakan berbagai strategi mengajar sehingga siswa yang mengikuti pembelajaran saya memperoleh pemahaman yang mantap terhadap materi pembelajaran. 

Bertanggung jawab dengan memanajemen dan memonitor pembelajaran siswa saya melalui:

  • Pembelajaran efektif yang saya laksanakan, di mana saya mampu menggunakan berbagai teknik pembelajaran sehingga membuat siswa saya tetap termotivasi, tetap berupaya, dan terus fokus dalam pembelajaran. 
  • Kemampuan saya untuk terus mengupayakan siswa tetap berada dalam lingkungan belajar yang berdisiplin, dan kemampuan untuk mengorganisasikan pembelajaran saya sehingga siswa saya dapat mencapai tujuan pembelajaran. 
  • Pengetahuan saya dalam mengassess kemajuan setiap siswa, demikian pula kemajuan seluruh anggota kelas. 
  • Penggunaan beragam metode untuk mengukur perkembangan dan pemahaman siswa, serta menjelaskan kepada orang tua mereka bagaimana kinerja putra-putri mereka. 

Berpikir secara sistematis tentang praktik pembelajaran saya dan selalu belajar dari pengalaman, dengan cara:

  • Meniru model yang sesuai, seperti orang-orang berpendidikan di mana mereka – membaca, bertanya, mencipta, dan selalu bersedia untuk mencoba suatu hal baru. 
  • Mengakrabi berbagai teori-teori belajar dan strategi-strategi mengajar, dan selalu buka mata dan telinga terhadap isu-isu pendidikan terbaru. 
  • Mengkritisi dan menguji praktik pembelajaran yang saya lakukan untuk memperoleh pemahaman dan pengetahuan baru, memperluas repertoir keterampilan saya, dan memadukan penemuan-penemuan terbaru ke dalam praktik mengajar saya. 

Menjadi salah satu anggota komunitas-komunitas belajar (learning communities), di mana saya dapat:

  • Berkolaborasi dengan orang lain untuk meningkatkan pembelajaran siswa saya.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog model-model pembelajaran dan penelitian tindakan kelas ini. Sampai Jumpa lagi.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...