Beberapa Alternatif Pembelajaran

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Saturday, July 14, 2012

Beberapa Alternatif Pembelajaran

Beberapa Alternatif Pembelajaran

Pada tulisan kali ini blog ptk dan model pembelajaran menyajikan topik tentang alternatif-alternatif pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru. Beberapa alternatif Pembelajaran yang dapat diberikan kepada siswa misalnya:
  • Ceramah (kuliah), demonstrasi, simulasi, percobaan.
  • Proyek (merancang, penelitian), pengalaman lapangan.
  • Kuliah/ceramah dengan multimedia dan tutorial, simulasi interaktif, pengajaran berbasis web.
  • Tugas menulis atau berbicara/berdiskusi.
  • Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa meliputi pembelajaran aktif (aktif learning); pembelajaran kolaboratif (colaborative learning); pembelajaran kooperatif (cooperative learning); dan pembelajaran dan pengajaran induktif.
Berikut penjelasan beberapa pendekatan terpilih pada pembelajaran yang berpusat pada siswa:

Pembelajaran Aktif

Pembelajaran Aktif (Active Learning) adalah kegiatan-kegitaan yang membuat siswa melakukan sesuatu ketimbang mendengarkan ceramah dan mencatat, dengan tujuan membantu siswa mempelajari dan menerapkan materi pelajaran.

Pembelajaran Kolaboratif (Colaborative Learning)

Suatu bentuk lain dari pembelajaran aktif dimana pada kegiatan itu siswa-siswa saling berinteraksi sama lain sementara mereka belajar dan mengaplikasikan materi pelajaran.

Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)

Suatu bentuk lain dari pembelajaran kolaboratif dimana siswa bekerja bersama dalam tugas yang terstruktur  atau proyek di dalam sebuah kondisi yang menjamin adanya ketergantungan positif (positive interdependence), akuntabilitas setiap individu, interaksi dari satu siswa dengan siswa-siswa lainnya, pengembangan dan penggunaan secara tepat keterampilan-keterampilan interpersonal, dan penilaian diri sendiri mengenai fungsi kelompok/tim.

Pembelajaran dan Pengajaran Induktif (Inductive Teaching and Learning) 

Meliputi pembelajaran berdasarkan masalah (problem based learning), inkuri terbimbing (guided inquiry), dsb), adalah suatu pengajaran yang bermula dari masalah yang bersifat realistik dan open ended, serta memunculkan penggunaan konsep-konsep dasar dari materi pelajaran untuk menyelesaikan masalah tersebut sesuai konteks yang ada.

Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...