Komponen Penilaian Pembelajaran Kooperatif

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Saturday, July 28, 2012

Komponen Penilaian Pembelajaran Kooperatif

Komponen Pembelajaran Kooperatif yang Dinilai

Apakah saat ini anda sedang atau ingin melaksanakan pembelajaran kooperatif di kelas anda? Jika memang demikian ada baiknya anda memperhatikan tulisan berikut yang mencantumkan hal-hal apa saja yang sepatutnya dinilai pada pembelajaran kooperatif, sehingga dapat mempersiapkan pembelajaran kooperatif tersebut dengan baik. Berikut hal-hal tersebut:

Pencapaian Kesuksesan Secara Individual

Cara yang dapat dilakukan oleh anda sebagai guru untuk mengukur kesuksesan belajar siswa secara individual setelah mengikuti pembelajaran kooperatif adalah dengan memberikan tes formatif, atau dengan memberikan kuis yang harus dikerjakan secara mandiri (individual) tanpa kerjasama dengan anggota kelompoknya. Anda juga dapat memberikan tugas lain, tetapi pada intinya, semua harus dikerjakan secara individual.

Pencapaian Kesusksesan Kelompok (Group)

Kesuksesan kelompok dapat diukur dan dievaluasi melalui hal-hal yang telah berhasil dicapai oleh kelompok, seperti penyelesaian tugas yang diberikan kepada mereka, dsb. Apakah tugas yang diberikan dapat diselesaikan? Apakah hasil kerja kelompok akurat sebagaimana yang anda harapkan, atau masih ada kekurangan-kekurangan dan kesalahan? Nah, hal-hal semacam inilah yang menjadi bahan untuk mengevaluasi kinerja kelompok.

Penguasaan Keterampilan-Keterampilan Kooperatif

Penguasaan siswa terhadap keterampilan-keterampilan kooperatif dalam dilihat saat anda melakukan observasi proses pembelajaran. Selain berfungsi mengecek penguasaan keterampilan-keterampilan kooperatif, observasi proses pembelajaran sebenarnya juga baik untuk memicu mereka untuk menggunakan keterampilan-keterampilan tersebut. Anda tentu masih ingat bukan? Untuk melakukan pengamatan gunakanlah lembar observasi dalam bentuk ceklis agar dapat dilakukan dengan mudah dan efisien. Anda cukup mendata frekuensi keterampilan-keterampilan kooperatif apa yang ditunjukkan oleh siswa anda saat mereka sedang bekerja dalam kelompok.

Demikian tulisan mengenai  Komponen Penilaian Pembelajaran Kooperatif di blog PTK dan Model Pembelajaran. Sampai berjumpa pada tulisan berikutnya. Salam.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...