Efektivitas Kelompok pada Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation: Contoh Alat Evaluasi

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Sunday, August 12, 2012

Efektivitas Kelompok pada Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation: Contoh Alat Evaluasi

Bagaimanakah bentuk instrumen untuk mengevaluasi efektivitas kelompok pada model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI / Group Investigasi)?

Masih terkait tulisan sebelumnya tentang model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI), kini blog http://penelitiantindakankelas.blogspot.com akan memberikan contoh instrumen untuk mengetahui efektivitas (keefektifan) setiap kelompok kooperatif dalam memahami materi pelajaran. Pemahaman setiap anggota kelompok  dalam model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) adalah salah satu aspek penting, selain evaluasi terhadap proses inkuiri setiap kelompok, dan evaluasi kerja kelompok-kelompok tersebut.

Instrumen/alat evaluasi efektivitas kelompok kooperatif ini dapat diterapkan kepada siswa sebagai bentuk penilaian mandiri (self assessment), dapat pula dilakukan langsung oleh guru. Jika dijadikan sebagai alat evaluasi mandiri, maka yang guru harus lakukan adalah memberikan format tersebutkepada setiap siswa (anggota kelompok). Berikut adalah contoh instrumen / alat evaluasi untuk mengecek pemahaman terhadap efektivitas kelompok yang kami maksudkan dalam bentuk skala rating.

Download Contoh Instrumen

Download Skala Rating untuk Mengevaluasi/Mengecek Efektivitas Kelompok Kooperatif pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI).

Semoga instrumen evaluasi keefektifan kelompok pada model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation di atas dapat bermanfaat bagi anda yang sedang menggunakan model pembelajaran tersebut di kelas, atau bagi anda yang barangkali sedang melakukan penelitian tindakan kelas (ptk) terkait model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI).

instrumen pengelolaan model pembelajaran kooperatif
Contoh instrumen dalam bentuk skala penilaian (skala rating) untuk efektivitas kelompok kooperatif

Barangkali anda juga membutuhkan:

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...