Guru-Guru dari MGMP IPA SMP Kabupaten Hulu Sungai Utara Menulis PTK

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Friday, August 3, 2012

Guru-Guru dari MGMP IPA SMP Kabupaten Hulu Sungai Utara Menulis PTK

Menulis PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Sudah lebih seminggu ini guru-guru IPA SMP di Kabupaten Hulu Sungai Utara yang tergabung dalam MGMP IPA SMP Kab. Hulu Sungai Utara berhadir setiap hari di SMPN 4 Amuntai yang merupakan sekolah inti MGMP. Mereka berkumpul dari tanggal 26 Juli hingga hari ini 4 Agustus 2012, untuk mengikuti kegiatan MGMP yang pendanaannya bersumber dari bantuan dana pengembangan karir PTK Dikdas untuk MGMP SMP tahun 2012.

Dana yang berjumlah Rp. 28.000.000,- (dua puluh delapan juta rupiah)  tersebut dialokasikan untuk berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta MGMP tentang pengembangan karir PTK, publikasi ilmiah, penyusunan proposal karya tulis, pembuatan instrumen penelitian, pengolahan dan penganalisisan data penelitian, hingga pembuatan laporan hasil penelitian dan artikel jurnal.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 orang guru anggota MGMP IPA tingkat SMP se Kabupaten Hulu Sungai Utara. Kegiatan dilakukan dalam dua tahap dan seluruhnya berbentuk workshop, di mana peserta bekerja secara individual untuk mencapai tujuan kegiatan tersebut dengan didampingi oleh 2 orang guru inti MGMP, yaitu Maulida Hayati, M.Pd. dan H. Suhadi, M.Pd.

Pada tahap pertama yang dilaksanakan sebagai 8 kali pertemuan, diharapkan peserta mampu membuat sebuah proposal PTK (atau jenis penelitian lainnya dibidang pembelajaran IPA) lengkap dengan instrumen penelitian. Sebelumnya mereka telah dibekali dengan pemahaman tentang pengembangan karir PTK (pendidik dan tenaga kependidikan) yang disajikan oleh pengawas rumpun mata pelajaran IPA Kab. Hulu Sungai Utara, Bapak H. Misran BK, S.Sos, M.Pd.
menulis proposal ptk
Suasana kegiatan menulis ptk 1
Tahap kedua yang berakhir pada hari ini (4 Agustus 2012), telah berhasil mencapai tujuan yang diharapkan dimana guru-guru IPA telah selesai membuat proposal penelitian (kebanyakan berupa penelitian tindakan kelas) lengkap dengan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), dan instrumen penggali data berupa alat evaluasi (tes) dan lembar observasi.
menulis proposal ptk 2
Suasana kegiatan menulis ptk 2
Para peserta MGMP ini nantinya diharapkan setelah rehat dari kegiatan MGMP tahap I dan masuk kembali ke sekolah setelah libur Idul Fitri nanti sudah siap melaksanakan penelitian di sekolah masing-masing dan mengambil data yang dibutuhkan. Direncanakan mereka akan kembali mengikuti kegiatan MGMP pada bulan September untuk mengolah data, menggarap laporan penelitian, dan menulis artikel jurnal.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...