Memperbaiki Suasana Pembelajaran Melalui Masukan Siswa

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Sunday, August 5, 2012

Memperbaiki Suasana Pembelajaran Melalui Masukan Siswa

Perbaiki Suasana Pembelajaran Anda

Pernahkah anda berpikir untuk membuat suasana kelas pada pembelajaran yang anda ampu menjadi lebih nyaman bagi siswa? Jika itu memang pernah terlintas di benak anda, ada baiknya anda melakukannya. Mulailah sekarang, misalnya dengan terlebih dahulu mengidentifikasi hal-hal apa saja yang dapat membuat suasana kelas menjadi lebih baik. Caranya, dapat dengan meminta masukan dari siswa. Anda dapat meminta masukan tentang hal-hal apa yang mereka suka saat berada pada pembelajaran anda, penggunaan waktu, atau cara-cara anda memberikan tugas atau pertanyaan terkait pembelajaran.

Instrumen untuk Meminta Saran Siswa

Meminta masukan dari siswa dengan mudah dan sederhana dapat dilakukan oleh guru dengan menggunakan instrumen seperti berikut:
Nama : ............................(boleh tidak diisi)
Kelas : .............................
Petunjuk: Isilah titik-titik berikut sesuai dengan pendapat/perasaan/kesan kamu masing-masing terhadap suasana pembelajaran yang telah dilaksanakan pada mata pelajaran.................................. selama ini.

  • Saya suka mengikuti pelajaran ini karena............................................................................ 
  • Saya akan lebih menyukai pelajaran ini jika saja.......................................................................... 
  • Selama pelajaran ini, saya ingin waktu digunakan lebih............................................................. 
  • Pada pelajaran ini, saya paling suka ketika guru.............................................................................
  • Hal yang mengasyikkan pada pelajaran ini adalah.................................................................... 
  • Saya merasa diistemewakan ketika guru............................................................ 
  • Saya bangga pada pelajaran ketika.............................................................................. 
  • Saya ingin kami semua pada pelajaran ini meningkatkan............................................................ 
  • Bila saya mengikuti pelajaran ini,biasanya saya merasa...........................................................
  • Ketika jam pelajaran ini berakhir, biasanya saya merasa..........................................................
  • Saya merasa bosan pada pelajaran ini saat guru........................................................................... 
  • Saya merasa guru bersikap tidak adil pada pelajaran ini saat.....................................................
  • Kegiatan yang paling saya sukai pada pelajaran ini adalah pada saat............................................ 
  • Peristiwa terlucu yang pernah terjadi di kelas ini adalah ketika.................................................
  • Saya merasa tertantang mengerjakan tugas apabila..................................................................... 
  • Saya paling tidak suka jika ada siswa lain yang........................................................ 
  • Saya mungkin akan mendapat nilai lebih baik bila pada pelajaran ini.............................................. 
  • Pada pelajaran ini saya ingin meraih............................................... 
  • Saya yakin guru pada pelajaran ini menginginkan kami....................................................... 
  • Menurut saya, guru paling suka jika saya.................................................. 
  • Saya menjadi kehilangan semangat pada pelajaran ini bilamana.................................................... 
  • Satu hal yang paling ingin saya lihat diubah pada pelajaran ini adalah..............................................

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...