Model Pembelajaran Induktif :Tujuan Pembelajaran yang Dapat Dicapai

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Friday, August 24, 2012

Model Pembelajaran Induktif :Tujuan Pembelajaran yang Dapat Dicapai

Dulu sekali, blog sederhana penelitian tindakan kelas ini telah menulis tentang model pembelajaran induktif, yaitu terkait dengan: Struktur Soasial dan Peran Guru pada Model Pembelajaran Induktif, dan Perspektif Teori tentang Model Pembelajaran Induktif. Berikut ini, kami akan mencoba memperluas pembahasan tentang model pembelajaran induktif, yaitu tentang tujuan-tujuan pembelajaran yang dapat dicapai dengan menggunakan model pembelajaran ini. Sebagai pengingat saja, sebagaimana kita ketahui, tidak semua tujuan pembelajaran dapat dicapai oleh suatu model pembelajaran. Semua model pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran tertentu, guru harus menggunakan model pembelajaran tertentu. Begitu juga dengan model pembelajaran induktif, ada beberapa jenis tujuan pembelajaran yang dapat dicapai melalui penggunaannya dalam pembelajaran.

Model Pembelajaran Induktif dan Tujuan Pembelajaran

Model pembelajaran induktif dirancang oleh para pakar psikologi pendidikan untuk beberapa jenis tujuan pembelajaran. Tujuan pertama penggunaan model pembelajaran ini adalah membantu siswa membangun pemahaman mendalam tentang topik tertentu pada materi ajar. Yang kedua, model pembelajaran induktif dapat digunakan untuk tujuan mengaktifkan peran siswa dalam proses pembelajaran selama mereka membangun pemahaman tadi. Jadi selama mereka belajar, mereka juga melakukan aktivitas / kegiatan tertentu. Selain kedua tujuan tersebut, model pembelajaran kooperatif juga dapat memberikan capaian pada tujuan: mengajarkan keterampilan tertentu, meningkatkan rasa percaya diri siswa, dan membuat mereka lebih memahami lingkungan sekitar.

Sementara itu, bila kita cermati lebih jauh, pada tujuan untuk mengajarkan pemahaman tentang suatu topik pada materi ajar (atau tujuan terkait konten), maka tujuan pembelajaran yang dapat dicapai dapat diklasifikasikan sebagaimana bagan berikut:
model pembelajaran induktif dan tujuan pembelajaran
Jenis-jenis tujuan pembelajaran dengan model pembelajaran induktif

Demikian ulasan mengenai tujuan-tujuan pembelajaran yang dapai dicapai melalui penerapan model pembelajaran induktif di blog penelitian tindakan kelas (ptk) dan model-model pembelajaran ini. Semoga bermanfaat bagi anda yang mungkin ingin/sedang mencoba menggunakan model pembelajaran ini di kelas, atau barangkali sebagai bahan bacaan saat anda melakukan penelitian tindakan kelas terkait model pembelajaran induktif. :)
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...