Cara Mengevaluasi Proses Inkuiri Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Thursday, August 9, 2012

Cara Mengevaluasi Proses Inkuiri Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation

Blog http://penelitiantindakankelas.blogspot.com kali ini kembali mencoba memberikan contoh alat evaluasi. Kali ini yang dicoba untuk ditampilkan adalah cara mengevaluasi proses inkuiri yang dilakukan oleh siswa saat mengikuti pembelajaran model kooperatif tipe group-investigation (GI / Kelompok-Investigasi).

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi dan Proses Inkuiri

Sebagaimana para guru mungkin sudah ketahui, salah satu bagian penting dalam model pembelajaran kooperatif tipe group investigation adalah adanya kegiatan / proses inkuri oleh kelompok-kelompok kooperatif siswa.

Salah satu tujuan dalam pembelajaran kooperatif group investigation adalah: siswa belajar bagaimana proses inkuiri, sebagaimana yang dilakukan oleh para ilmuwan itu dilakukan. Dalam hal ini tentu meliputi (1) tujuan inkuiri itu sendiri, (2) bagaimana proses inkuiri itu mereka lakukan; dan (3) produk dari inkuiri. Siswa-siswa dalam kegiatan ber-inkuiri ini seharusnya diajak merefleksi proses yang telah mereka lakukan, dan mengevaluasi kinerja mereka dalam ber-inkuiri.

model pembelajaran kooperatif tipe group investigasi
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi

Evaluasi dapat dilakukan melalui bentuk skala rating atau daftar ceklis. Melalui format evaluasi ini mereka diharapkan dapat melakukan evaluasi diri (evaluasi mandiri) saat diajak berpikir reflektif tentang  kegiatan inkuiri yang telah mereka lakukan. Penggunaan skala rating atau ceklis berupa evaluasi diri /evaluasi mandiri ini sangat bagus juga untuk meningkatkan kemampuan siswa berpikir analitis. Selain, tentu dapat menstimulasi terjadinya diskusi antar anggota-anggota kelompok kooperatif berdasarkan rambu-rambu dari skala rating / daftar ceklis tersebut.

Download Instrumen Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI


Contoh skala rating evaluasi proses inkuri (evaluasi diri) siswa dalam melakukan inkuiri dapat di download melalui link berikut:
Skala Rating Evaluasi Kegiatan Inkuiri Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group-Investigation.

Contoh daftar ceklis untuk evaluasi proses inkuiri (evaluasi diri) siswa dalam melakukan inkuiri dapat di download melalui link berikut:
Daftar Ceklis Evaluasi Kegiatan Inkuiri Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group-Investigation.

Semoga tulisan kali ini bermanfaat buat anda yang sedang atau akan melakukan penelitian tindakan kelas (ptk) tentang model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Salam ptk. :)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...