Perbedaan Memori Jangka Pendek dan memori Jangka Panjang

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Thursday, November 29, 2012

Perbedaan Memori Jangka Pendek dan memori Jangka Panjang

Perbedaan Memori Jangka Pendek dan memori Jangka Panjang 

Setelah tulisan sebelumnya membahas tentang 3 jenis pengetahuan pada teori pemrosesan informasi, kali ini blog http://penelitiantindakankelas.blogspot.com kembali mencoba menggali lebih dalam tentang teori tersebut (teori pemrosesan informasi). Tulisan kali ini membahas tentang sistem memori pada teori tersebut. Menurut teori pemrosesan informasi, pengolahan informasi mengambil tempat pada sistem penyimpanan memori, yaitu memori jangka pendek (short term memory) dan memori jangka panjang (long term memory).

Memori jangka pendek (short term memory) adalah memori kerja, yang berfungsi menyimpan informasi untuk sementara dalam jumlah yang terbatas. Sedangkan memori jangka panjang (long term memory) adalah tempat penyimpanan pengetahuan (informasi) secara permanen. Agar lebih jelasnya, cermati tabel perbedaan memori jangka pendek dan memori jangka panjang berikut.

Tabel Perbedaan Memori Jangka Pendek dan Memori Jangka Panjang

Jenis Memori

Memori Jangka Pendek

Memori Jangka Panjang/Tertentu

Input / Masukan Sangat cepat Relatif lambat
Kapasitas Terbatas Praktis tidak terbatas
Durasi Sangat cepat, 20 - 30 detik Praktis tidak terbatas
Isi Kata-kata, gambar-gambar, ide-ide, kalimat-kalimat Jaringan proposisi, skemata, produksi-produksi pemikiran, gambaran-gambaran, episodik
Pengambilan Kembali / Retrieval Langsung Bergantung representasi dan pengorganisasian

Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...