Kiat Memperlancar Menulis PTK

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Friday, December 14, 2012

Kiat Memperlancar Menulis PTK

menulis laporan ptk
Bagaimana memperlancar penulisan laporan ptk anda?

Kiat Memperlancar Menulis PTK

Banyak pemula dalam ranah penelitian tindakan kelas atau ptk yang ternyata mengalami hambatan saat mulai menulis tentang penelitiannya, apakah itu proposal atau laporannya. Bagaimana cara mengatasi hal ini? Berikut ini diberikan beberapa kiat sederhana yang mungkin dapat mempercerah anda:

Mulailah sekarang juga!

Bila anda berpikir untuk menulis tentang penelitian tindakan kelas atau ptk yang anda akan lakukan atau sedang anda lakukan, maka segeralah tulis. Jangan tunda hingga ide tulisan menghilang dari pikiran anda. Ide bisa datang kapan saja, karena itu bila ia menjelma menjadi kalimat-kalimat di pikiran anda, segeralah tuliskan. Bila anda merasa anda sesuatu yang harus ditulis, mulailah sekarang juga.

Membacalah!

Anda dapat memperoleh berbagai pengetahuan baru tentang apa yang sedang anda teliti melalui bahan bacaan. Kegiatan membaca adalah kegiatan wajib yang harus seorang peneliti lakukan. Dengan beragam informasi yang diperoleh melalui bahan bacaan, maka anda akan punya banyak bahan untuk dituliskan dalam proposal atau laporan penelitian tindakan kelas atau ptk anda.

Memutar musik

Banyak orang beranggapan ketika sedang bekerja (dalam hal ini menulis tentang penelitian tindakan kelas atau ptk ada), tidak baik berbising-bising menyetel musik. Anggapan ini memang benar jika anda menyetel musik terlalu keras. Sebenarnya memutar musik juga dapat meningkatkan konsentrasi dan membentuk suasana menjadi nyaman. Caranya, putar musik berirama santai, lembut, dan bukan lagu favorit yang suka anda nyanyikan. Setel volume dalam batas samar-samar, sehingga musik menjadi kesatuan dengan suasana ruangan di mana anda sedang menulis laporan atau proposal ptk anda.

Manajemen kegiatan anda

Menulis sebuah penelitian tindakan kelas (ptk) juga memerlukan manajemen. Anda harus memecah-mecah kegiatan penulisan anda agar dapat berjalan secara efektif. Anda bisa membagi kegiatan penulisan dan pencarian bahan, serta membaca literatur dengan baik apabila anda memanajemennya dengan baik. Tulisan-tulisan andapun dapat dimanajemen dengan baik.

Gunakan warna

Kadang-kadang menulis laporan atau proposal penelitian tindakan kelas dapat membosankan atau bahkan membuat frustasi. Gunakan warna-warna tertentu untuk draft penulisan anda di laptop atau komputer, paling tidak dengan cara ini mata anda akan menjadi tidak mudah lelah dan bahkan warna-warna dapat dijadikan kode-kode tertentu untuk memanajemen tulisan anda. Misalnya, tulisan berwarna hitam menunjukkan bahwa tulisan itu sudah pas dan tidak memerlukan pengeditan. Tulisan berwarna merah masih menunjukkan bahwa tulisan agak kacau dan perlu revisi atau penyusunan kalimat yang lebih baik, atau menunjukkan bahwa tulisan di bagian tersebut masih perlu dikembangkan, dsb.

Bicaralah dengan teman di sekitar meja anda di ruang guru

Berbicara dengan teman sejawat tentang kegiatan penulisan penelitian tindakan kelas yang kita lakukan dapat kembali meningkatkan motivasi kita untuk “kembali” menulisnya, karena dengan bicara dengan teman akan membuat kita merasa “bertanggungjawab” untuk segera menyelesaikan kegiatan menulis yang kita lakukan. Selain itu, jika kita bicara dengan teman yang telah atau sering melakukan penelitian tindakan kelas, akan memberi kita pengalaman-pengalaman atau trik-trik tertentu yang dapat kita gunakan untuk menyelesaikan tulisan proposal atau laporan ptk kita.

Pilihlah waktu yang pas.

Menulis laporan atau proposal penelitian tindakan kelas membutuhkan waktu khusus. Waktu khusus yang dimaksud di sini sederhana saja. Maksudnya carilah waktu yang sekiranya saat anda sedang menulis tidak akan terganggu oleh hal-hal lain yang dapat merusak konsentrasi anda. Ada orang yang suka menulis sebelum tidur, atau sehabis bangun tidur di waktu shubuh. Bukankah kedua waktu itu memungkinkan anda menulis dengan tenang dan nyaman? Dan, anda mungkin punya waktu khusus sendiri, karena tiap-tiap orang bisa berbeda.

Selingi dengan olahraga

Terlalu lama menulis di depan komputer atau laptop membuat pikiran anda dapat buntu. Karena itu, carilah penyegaran misalnya dengan melakukan olahraga. Berolahraga akan memperlancar aliran darah ke otak dan membuat pikiran anda kembali segar, ide-ide bagaimana menuliskan apa yang ada di kepala anda akan lebih mudah diperoleh.

Demikian tips atau kiat untuk memperlancar menulis ptk dari blog penelitian tindakan kelas (ptk) dan model pembelajaran. Semoga dapat membantu Anda.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...