Sintaks Model Pembelajaran VAK (Visual - Auditorial - Kinestetik)

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Thursday, January 3, 2013

Sintaks Model Pembelajaran VAK (Visual - Auditorial - Kinestetik)

model pembelajaran VAK visual auditorial kinestetik
3 Modalitas dalam Belajar

Sintaks Model Pembelajaran VAK (Visual - Auditorial - Kinestetik)

Modalitas penting untuk belajar pada siswa adalah kemampuan mereka untuk melihat, mendengar dan menyentuh serta melakukan (visual - auditorial - kinestetik). Para ahli psikologi pendidikan, untuk mengakomodasi ketiga modal ini kemudian menciptakan model pembelajaran VAK.Untuk melaksanakannya di kelas, guru dapat melakukannya dalam langkah (sintaks) berikut ini:

1. Persiapan

Langkah ini dilakukan pada saat tahap pendahuluan dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam langkah ini guru mempersiapkan siswa, baik yang berkaitan dengan minat siswa, perasaan positif untuk mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan. Hal-hal tersebut dilakukan untuk menyiapkan mereka agar dapat mengikuti kegiatan pembelajaran secara maksimal.

2. Penyampaian

Setelah melakukan persiapan di kegiatan pendahuluan, guru selanjutnya membantu siswa untuk mengikuti pembelajaran, menemukan informasi-informasi dan mempelajari keterampilan-keterampilan baru dengan gaya dan cara belajar yang sesuai dengan modalitas yang mereka miliki masing-masing. Dalam hal ini harus memberikan pembelajaran dengan cara yang bervariasi agar semua gaya belajar, baik visual, auditorial, maupun kinestetik dapat terpenuhi kebutuhannya. Kegiatan yang meminta siswa aktif secara minds on, ataupun hands on activity sangat penting untuk disediakan.

3. Pelatihan

Setelah mengikuti kegiatan penyampaian melalui berbagai strategi yang mengakomodasi berbagai modalitas belajar tadi, guru kemudian memberikan fasilitasi sehingga siswa dapat melakukan pelatihan. Hal ini dilakukan agar siswa lebih menyerap informasi atau hasil belajar yang diharapkan. Lagi-lagi, cara-cara dan strategi yang dilakukan harus memperhatikan modalitas VAK siswa.

4. Mempresentasikan Hasil

Kegiatan pembelajaran dengan model VAK (visual - auditorial - kinestetik) ini akhirnya ditutup dengan kegiatan siswa untuk mempresentasikan hasil belajar yang telah mereka peroleh. Pada tahap ini guru seyogyanya menyediakan kesempatan kepada mereka untuk mengevaluasi kinerja mereka dalam belajar dan memberikan umpan balik.

Demikian sintaks (langkah-langkah) model pembelajaran VAK (visual - auditorial - kinestetik), semoga bermanfaat bagi anda pembaca blog http://penelitiantindakankelas.blogspot.com.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...