Diseminasi Laporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Thursday, March 14, 2013

Diseminasi Laporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Blog PTK dan Model Pembelajaran kali ini akan mengangkat bahasan mengenai Diseminasi Laporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Mari kita simak.

Pengertian Diseminasi

Diseminasi dapat diartikan secara sederhana sebagai “menyebarluaskan”. Penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan oleh seorang guru atau calon guru sangat pertlu untuk didiseminasikan. Tujuan utamanya adalah agar penelitian yang telah dilakukan itu dapat diketahui oleh orang banyak. Sasaran diseminasi PTK umumnya terbatas untuk kalangan pendidik (guru), mahasiswa calon guru, dan praktisi pendidikan lainnya. Dengan adanya pengetahuan bahwa telah dilakukan suatu penelitian tindakan kelas untuk mengatasi suatu permasalahan tertentu dalam pembelajaran di kelas, maka orang lain yang mungkin juga mempunyai masalah yang serupa dapat mencoba mengimplementasikan hasil PTK itu lagi di kelasnya. Atau, mungkin juga dilakukan modifikasi, tindak lanjut, adaptasi, dan sebagainya terkait hasil-hasil PTK yang telah didiseminasikan. Lalu, bagaimanakah cara-cara yang dapat ditempuh oleh seorang peneliti setelah selesai menulis laporan dan ingin mendiseminasikannya?

Cara-Cara Mendiseminasikan Laporan PTK

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang peneliti yang ingin melakukan diseminasi hasil-hasil PTK yang dilakukannya, antara lain melalui media cetak dan tatap muka.

Diseminasi PTK Melalui Media Cetak

Media cetak yang dapat menjadi media untuk menyebarluaskan hasil-hasil PTK adalah jurnal, majalah, atau buletin. Tentu saja jurnal, majalah, dan buletin yang dimaksud di sini adalah media cetak yang memang mempunyai tema yang sesuai dengan praktik-praktik pendidikan. Telah banyak jurnal-jurnal, majalah-majalah, atau buletin-buletin yang di dalamnya memuat berbagai artikel ilmiah sebagai media untuk mendiseminasikan hasil penelitian tindakan kelas. Satu hal yang mesti diperhatikan agar seorang peneliti dapat mendiseminasikan laporannya melalui media cetak adalah dipenuhinya tata cara penulisan yang berlaku untuk media cetak yang bersangkutan. Biasanya laporan ptk, agar dapat diterbitkan melalui media cetak harus terlebih dahulu ditulis ulang dalam bentuk artikel dengan jumlah halaman yang terbatas.

Diseminasi PTK Melalui Tatap Muka

Berbagai kegiatan tatap muka dapat dijadikan pilihan cara untuk mendiseminasikan laporan ptk (penelitian tindakan kelas). Beberapa di antaranya adalah rapat guru, KKG atau MGMP, dan seminar.

Diseminasi Laporan PTK Melalui Rapat Guru

Di setiap lembaga pendidikan (sekolah/madrasah) selalu diadakan rapat dewan guru secara berkala. Umumnya minimal satu bulan sekali. Pada kesempatan seperti ini, peneliti dapat meminta waktu agar dialokasikan dalam agenda rapat guru untuk kesempatan mengadakan deseminasi laporan ptk yang telah ditulisnya. Pihak otoritas sekolah, dalam hal ini kepala sekolah tentunya tidak akan berkeberatan bila salah seorang guru meminta waktu untuk menyampaikan hasil penelitian tindakan kelas (ptk) yang telah dilakukannya. Penyampaian hasil ptk oleh salah satu guru akan mendorong iklim bekerja secara profesional di sekolah bagi guru-guru lain.

Diseminasi PTK Melalui KKG atau MGMP

Melakukan diseminasi hasil-hasil ptk di dalam kegiatan KKG (Kelompok Kerja Guru) atau MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) tentu sangat baik sekali. Di dalam kegiatan KKG dan MGMP, seorang guru peneliti dapat menyampaikan apa-apa yang telah diperolehnya melalui penelitian yang dilakukannya di sekolahnya. Guru-guru lain dapat memberikan tanggapan berupa masukan-masukan yang bersifat membangun bagi penyempurnaan ptk yang telah dilakukan guru yang bersangkutan. Selain itu, melakukan diseminasi ptk di forum-forum semacam KKG dan MGMP akan membuat kegiatan organisasi yang beranggotakan guru-guru ini sejalan dengan misi yang diembannya yaitu meningkatkan profesionalitas anggotanya.
cara-cara mendiseminasikan laporan ptk (penelitian tindakan kelas)
seminar adalah salah satu cara mendiseminasikan laporan ptk (penelitian tindakan kelas)

Diseminasi PTK Melalui Seminar

Pada beberapa kesempatan, acapkali diadakan seminar. Nah, pada kegiatan seminar dapat ditampilkan pemaparan tentang penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru. Seminar tentu saja melibatkan audien yang besar jumlahnya. Tujuan diseminasi (penyebarluasan) hasil-hasil ptk yang telah diperoleh akan dapat terpenuhi.

Demikian tulisan kali ini tentang Diseminasi Laporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dari blog sederhana, blog PTK dan Model Pembelajaran. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. Salam.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...