Cara Menulis Kesimpulan pada Laporan PTK

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Friday, March 15, 2013

Cara Menulis Kesimpulan pada Laporan PTK

Apakah anda sedang menulis laporan PTK (penelitian tindakan kelas)? Berikut ini blog PTK (penelitian tindakan kelas) dan model-model pembelajaran akan mencoba menguraikan bagaimana cara menulis kesimpulan pada sebuah laporan ptk. Tulisan kali ini juga akan disertai dengan contoh-contoh sehingga diharapkan akan memperjelas dan mempermudah anda dalam memahaminya. Berikut kita simak sama-sama.

Prinsip-Prinsip Penulisan Kesimpulan / Simpulan

Sebelum kita mulai ke bahasan utama tentang cara menulis kesimpulan / simpulan pada laporan ptk, terlebih dahulu kita harus memahami prinsip-prinsip yang harus dipegang dalam merumuskan kesimpulan pada sebuah laporan penelitian. Adapun prinsip-prinsip yang dimaksud adalah: (1) kesimpulan ditulis sebagai pernyataan singkat; (2) kesimpulan penelitian tindak lagi memuat bahasa statistik/hasil analisis data/angka-angka; (3) kesimpulan adalah gambaran umum dari hasil analisis data dan pembahasan yang telah ditulis di bab IV; (4) kesimpulan selalu merujuk pada rumusan masalah dan tujuan penelitian tindakan kelas yang dilakukan;
cara menulis kesimpulan pada laporan ptk
cara menulis kesimpulan pada laporan ptk

(1) kesimpulan ditulis sebagai pernyataan singkat;

Tujuan penulisan kesimpulan pada bab V sebuah laporan penelitian tindakan kelas adalah untuk memberikan informasi secara cepat kepada pembaca tentang hasil penelitian yang telah diperoleh. Oleh karena itu, untuk dapat mencapai tujuan tersebut kesimpulan harus ditulis dalam bentuk pernyataan singkat, tidak bertele-tele.

(2) kesimpulan penelitian tidak lagi memuat bahasa statistik/hasil analisis data/angka-angka;

Kesalahan yang sering ditemukan dalam sebuah kesimpulan di bagian laporan ptk adalah masih dimuatnya bahasa yang sulit dipahami secara langsung oleh pembaca. Kesulitan dapat dialami pembaca saat memahami kalimat-kalimat simpulan yang masih mengandung angka-angka atau skor-skor dari analisis data. Kesimpulan pada sebuah laporan ptk tidak boleh demikian. Seyogyanya justru kalimat-kalimat disajikan dalam bentuk yang mudah dipahami oleh orang awam sekalipun.

(3) kesimpulan adalah gambaran umum dari hasil analisis data dan pembahasan yang telah ditulis di bab IV;

Kesalahan lain yang sering terjadi saat seorang peneliti menuliskan kesimpulan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukannya adalah kalimat-kalimat yang ditulis tidak begitu penting dan melenceng dari gambaran umum hasil analisis data dan pembahasan yang telah ditulisnya di bab IV. Kesalahan ini tidak akan terjadi bila peneliti berikap objektif saat menuliskan laporannya.

(4) kesimpulan selalu merujuk pada rumusan masalah dan tujuan penelitian tindakan kelas yang dilakukan;

Cara termudah agar saat merumuskan bagian kesimpulan pada laporan ptk adalah dengan merujuk kembali kepada rumusan masalah dan tujuan penelitian tindakan kelas yang dilakukan yang terdapat pada bab I. Bila anda ingin berada di jalur yang benar, lihat kembali rumusan masalah dan tujuan penelitian tindakan yang telah ditulis pada bab I tersebut. Klik link berikut untuk panduan Bagaimana Cara Menulis Rumusan Masalah pada Penelitian Tindakan Kelas.

Cara Menulis Bagian Kesimpulan / Simpulan pada Laporan PTK Beserta Contohnya

Baiklah, setelah kita telah memahami apa saja prinsip-prinsip yang harus dipegang saat merumuskan bagian kesimpulan / simpulan pada laporan ptk, maka kini saatnya kita memperhatikan bagaimana cara menulis kesimpulan dan contoh berikut.

Cermati kembali rumusan masalah dan tujuan penelitian tindakan kelas pada bab I. Misalnya pada bab I terdapat rumusan masalah dan tujuan yang berbunyi seperti ini:



RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
  1. Bagaimana aktivitas peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 4 Amuntai pada pembelajaran materi bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari melalui strategi memory cycle?
  2. Bagaimana pengelolaan pembelajaran di kelas VIIIB SMP Negeri 4 Amuntai yang dilakukan oleh guru pada materi bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan strategi memory cycle?
  3. Bagaimana hasil belajar peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 4 Amuntai pada materi bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan strategi memory cycle?
Dan tujuan penelitian tindakan kelas berbunyi:


TUJUAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut:
  1. Mendeskripsikan aktivitas peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 4 Amuntai pada pembelajaran materi bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari melalui strategi memory cycle.
  2. Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran di kelas VIIIB SMP Negeri 4 Amuntai yang dilakukan oleh guru pada materi bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan strategi memory cycle.
  3. Mengetahui hasil belajar peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 4 Amuntai pada materi bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan strategi memory cycle.

Maka berbekal RUMUSAN MASALAH dan TUJUAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS di atas, maka KESIMPULAN / SIMPULAN pada laporan PTK seharusnya ditulis:


KESIMPULAN
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut:
  1. Aktivitas peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 4 Amuntai tahun pembelajaran 2011/2012 pada pembelajaran yang mengacu kepada strategi memory cycle pada materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari di siklus I maupun siklus 2 penelitian tindakan kelas ini berada pada kategori BAIK.
  2. Pengelolaan pembelajaran oleh guru di kelas VIIIB SMP Negeri 4 Amuntai yang tahun pembelajaran 2011/2012 yang telah dilakukan guru pada materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari dengan strategi memory cycle di siklus 1 maupun siklus 2 penelitian tindakan kelas ini juga berada pada kategori BAIK.
  3. Hasil belajar peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 4 Amuntai tahun pembelajaran 2011/2012 pada materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari mengalami peningkatan dibanding tahun pelajaran 2010/2012 setelah menggunakan strategi memory cycle.

Perhatikan ketiga komponen laporan PTK tersebut, semuanya membentuk suatu benang merah, yaitu tentang aktivitas peserta didik, pengelolaan pembelajaran oleh guru, dan hasil belajar peserta didik. Ketiganya bahkan dibuat secara berurutan dan tetap menjaga konsistensi bunyi kalimat.

Bagaimana? Apakah anda sudah memahami bagaimana cara membuat kesimpulan pada sebuah laporan penelitian tindakan kelas untuk ptk yang telah anda lakukan? Saya yakin anda bisa memahami dan dengan mudah menerapkannya pada penelitian anda.

Baca juga:
Cara menulis abstrak
Cara menulis latar belakang masalah bagian I
Cara menulis latar belakang masalah bagian II
Cara menulis daftar pustaka


Terima kasih telah membaca tulisan yang berjudul Cara Menulis Kesimpulan pada Laporan PTK
pada Blog PTK dan Model-Model Pembelajaran ini. Semoga bermanfaat dan dapat diterapkan. Salam.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...