Mengenal Picture Word Inductive Model (PWIM)

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Wednesday, May 8, 2013

Mengenal Picture Word Inductive Model (PWIM)

Apakah Model Pembelajaran Induktif – Gambar Kata (Picture Word Inductive Model - PWIM) itu?

Picture Word Inductive Model (PWIM) adalah suatu pendekatan mengajar untuk pembelajaran membaca dengan menggunakan gambar-gambar yang berisikan obyek-obyek, tindakan-tindakan, atau peristiwa-peristiwa yang familiar (akrab) untuk memancing siswa mengeluarkan kata-kata dari kosa kata siswa sendiri selama pembelajaran membaca atau menulis.hingga mampu menguji dan mengelompokkan secara fonetik bahkan prinsip-prinsip struktur kebahasaan yang ada pada kata-kata tersebut. Strategi ini dirancang untuk membantu siswa melatihkan kemampuan berpikir induktif mereka. model pembelajaran induktif – gambar kata (picture word inductive model - PWIM) dapat diterapkan secara klasikal, kelompok-kelompok kecil, berpasangan, bahkan secara individual. Siswa kemudian dibimbing untuk berinkuiri terkait kata-kata yang mereka temukan dari gambar, baik tentang penambahan perbendaharaan kosakatamereka, hingga penyusunan kalimat dan paragraf.

Tujuan Menggunakan Model Pembelajaran Induktif – Gambar Kata (Picture Word Inductive Model - PWIM)

Mengembangkan penguasaan kosakata siswa, konsep-konsep tentang struktur kata-kata, konsep-konsep tentang struktur kalimat-kalimat, konsep-konsep tentang struktur paragraf-paragraf melalui bacaan dan pada materi pembelajaran matematika, ipa, ips, dan kesehatan. Sebagai salah satu bentuk strategi pembelajaran induktif, model pembelajaran induktif – gambar kata (picture word inductive model - PWIM) telah terbukti melalui berbagai penelitian, efektif digunakan baik pada pembaca pemula (siswa kelas rendah) hingga pembaca tingkat lanjut (siswa kelas tinggi).

Bagaimana Melaksanakan Model Pembelajaran Induktif – Gambar Kata (Picture Word Inductive Model - PWIM)?

Contoh Gambar yang digunakan untuk Model Pembelajaran Induktif - Gambar Kata (Picture Word Inductive Model)
Contoh Gambar yang digunakan untuk Model Pembelajaran Induktif - Gambar Kata (Picture Word Inductive Model)
Cara melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan induktif ini sangat mudah. Guru menyiapkan gambar, kemudian siswa mencari kosakata yang terdapat dari gambar tersebut.
Contoh Gambar yang digunakan untuk Model Pembelajaran Induktif - Gambar Kata (Picture Word Inductive Model) dengan kosakata oleh siswa
Contoh Gambar yang digunakan untuk Model Pembelajaran Induktif - Gambar Kata (Picture Word Inductive Model) setelah Ditambahkan Kata-Kata (Kosakata) oleh Siswa
Berdasarkan tingkatan kelas, kosakata yang diperoleh dapat dikelompok-kelompokkan, atau kemudian dibuat kalimat utuh yang mengandung kosakata itu. Hingga, bisa juga siswa diminta menyusun paragraf-paragraf dari kosakata dan kalimat yang telah diperoleh, kemudian menganalisis jenis dan struktur paragraf.

Kelebihan-Kelebihan Model Pembelajaran Induktif – Gambar Kata (Picture Word Inductive Model - PWIM)

Berikut ini diberikan beberapa kelebihan penggunaan Model Pembelajaran Induktif - Gambar Kata (Picture Word Inductive Model - PWIM)
  • Strategi ini dapat membantu siswa mempelajari phonics, grammar, mechanics, dan penggunaan standar dalam Bahasa Inggris.
  • Gambar-gambar yang digunakan untuk ditampilkan akan memberikan visual yang konkret selama siswa belajar tentang kosakata, frase-frase, dan kalimat-kalimat yang bersifat baru bagi mereka.
  • Karena guru memberikan gambar yang berhubungan dengan materi pembelajaran seperti matematika, ipa, atau ips, maka siswa merasa bahwa mereka tetap merupakan bagian dari komunitas kelas yang sedang belajar dan dapat berpartisipasi dengan siswa lainnya.
  • Carta berupa gambar kata dapat berfungsi sebagai referensi langsung, atau kamus gambar, yang memungkinkan siswa untuk dengan mudahnya menambahkan kata-kata tersebut ke dalam kosakata yang mereka miliki. Guru dapat memilih untuk pengembangan berbagai hubungan antara bunyi dan simbol (kata-kata dapat sekedar diperkenalkan atau dapat juga dipilih agar benar-benar dikuasai oleh siswa).
  • Siswa dibimbing untuk menemukan pola dan hubungan pada pembelajaran Bahasa Inggris, sehingga selanjutnya memungkinkan mereka untuk menerapkannya pada kata-kata baru lain yang mungkin akan mereka peroleh di luar kegiatan pembelajaran.
  • Siswa dapat mendengar dan mengeja kata-kata secara tepat, dan selanjutnya dapat berpartisipasi dengan menulis dan mengucapkan kata-kata tersebut dengan benar.
  • Siswa memperoleh keuntungan lain melalui pemodelan oleh guru tentang kata-kata kunci dan konsep-konsep baru. Selanjutnya melalui latihan dan pembelajaran yang lebih ekstensif, siswa dapat belajar membuat kalimat-kalimat atau paragraf-paragraf yang berhubungan dengan kosakata yang digunakan.
Demikian uraian singkat untuk mengenal Model Pembelajaran Induktif - Gambar Kata (Picture Word Inductive Model) dari Blog PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Model pembelajaran yang sangat efektif untuk mengajar bahasa ini akan kita uraikan lebih jelas pada artikel-artikel lainnya nanti.

Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...