Cara Mencari Contoh Proposal dan Laporan PTK Di Google Drive

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Thursday, November 7, 2013

Cara Mencari Contoh Proposal dan Laporan PTK Di Google Drive

Cara Mencari Contoh PTK di Google Drive

Apa kabar wahai para pembaca blog penelitian tindakan kelas? Kami berharap anda selalu berada dalam kebahagiaan. Kali ini kami akan mencoba membagi sebuah tips atau trik sederhana untuk anda yang membutuhkan contoh PTK (penelitian tindakan kelas) baik dalam bentuk laporan, proposal, maupun jurnal, atau artikel lainnya yang berhubungan dengan itu.

Trik ini perlu diketahui agar proses pencarian dari tumpukan file di internet dapat ditemukan. Sebenarnya salah satu sumber (situs) yang cukup potensial untuk digali adalah situs tempat penyimpanan file berbentuk dokumen (document) milik google sendiri. Beberapa dari kita mungkin belum menyadari bahwa situs penyimpanan file milik google yaitu google drive banyak mengandung file contoh laporan, proposal, jurnal, atau artikel tentang penelitian tindakan kelas (PTK/class action research). Nah, setelah mengetahui bahwa google drive adalah sumber potensial, tinggal kita kuasai bagaimana cara menggalinya.

Informasi di internet khususnya di google drive sangat berlimpah. Ia ibarat tumpukan jerami, dan beberapa bilah jarum emas terselip di sana. Yuk kita cari jarum-jarum emas itu (dokumen tentang penelitian tindakan kelas/PTK) sebanyak-banyaknya.

Trik Pencarian File PTK (Penelitian Tindakan Kelas) untuk Didownload secara Bebas (Gratis)

Tidak sulit menemukan file PTK untuk didownload. Pola umum pencariannya adalah:
  1. Buka halaman pencarian google yaitu google.com atau google.co.id
  2. Ketik docs.google.com/document/d kata-kunci-yang-anda-inginkan
  3. Tekan ENTER pada keyboard atau klik tombol pencarian (gambar kaca pembesar/lup)
  4. Taraa...... pada hasil pencarian akan muncul file-file yang tersimpan di google drive sesuai dengan kata-kunci-pencarian-anda tadi.

Baiklah, sekarang pola pencarian sudah anda ketahui, mari kita mulai dengan contoh penerapannya. Misalkan anda ingin mencari file yang tersimpan di google drive dengan kata kunci penelitian-tindakan-kelas. Maka caranya adalah:
  1. Buka halaman pencarian google yaitu dengan mengetikkan google.com atau google.co.id atau langsung gunakan form pencarian google yang terdapat di sudut kanan atas browser anda.
  2. Ketik docs.google.com/document/d/ penelitian-tindakan-kelas
  3. Tekan ENTER pada keyboard atau klik tombol pencarian (gambar kaca pembesar/lup)
  4. Taraa...... anda akan mendapat hasil pencarian seperti gambar berikut:
contoh pencarian file download PTK di google drive
contoh pencarian file download PTK di google drive

Oke, sekarang kita coba dengan kata kunci yang lain, misalnya  dengan kata kunci penelitian-tindakan-kelas-SD, maka pada browser dan kotak pencarian google anda tinggal ketik docs.google.co.id/document/d/ penelitian-tindakan-kelas-SD, lalu tekan ENTER pada keyboard, maka hasilnya akan seperti ini:
contoh hasil pencarian file download Penelitian Tindakan Kelas SD di google drive
contoh hasil pencarian file download Penelitian Tindakan Kelas SD di google drive

Kami menyarankan anda untuk membuat kombinasi-kombinasi kata kunci pencarian agar anda benar-benar menyibak semua helai-helai jerami untuk menemukan jarum emas yang anda inginkan, yaitu file PTK (Penelitian Tindakan Kelas) sesuai kebutuhan anda untuk didownload. Misalnya beberapa kombinasi kata kunci yang dapat anda gunakan:

  • proposal ptk
  • laporan PTK
  • contoh proposal ptk SD
  • contoh laporan PTK 
  • proposal dan laporan penelitian tindakan kelas
  • dsb

Cara Mendownload Dokumen/File di Google Drive

Terakhir untuk trik dan tips cara pencarian file PTK (penelitian tindakan kelas) dalam bentuk proposal, laporan, jurnal atau artikel ini, adalah cara mendownload dokumen dari google drive. Ikuti langkah-langkah ini:
  1. Klik alamat file dokumen penelitian tindakan kelas yang anda inginkan dari halaman hasil pencarian google.
  2. Biarkan dokumen terbaca secara utuh (lengkap) mulai halaman awal hingga halaman akhir.
  3. Amati browser anda, pada pojok kiri atas halaman dokumen yang terbuka tersebut ada menu FILE. Klik tombol FILE ini, lalu akan ada menu dropdown (turun).
  4. Lalu klik Unduh Sebagai untuk memilih jenis file unduhan yang anda inginkan. Bila anda ingin file tidak mudah rusak teredit, kami sarankan anda mengunduh dengan format pdf, tetapi bila tujuan anda ingin memudahkan mengedit file itu nantinya, simpanlah sebagai file berformat doc atau docx.
Demikian tulisan blog penelitian tindakan kelas kali ini tentang cara mencari contoh file PTK (Penelitian Tindakan Kelas) untuk didownload. Selamat mencoba.

 
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...