Cara Terbaru dan Mudah Download Video Youtube

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Sunday, November 3, 2013

Cara Terbaru dan Mudah Download Video Youtube

Blog penelitian tindakan kelas kali ini akan membagi sedikit trik, yaitu Cara Terbaru dan Mudah Download Video di Youtube dan Situs Lainnya tanpa software. Halah... sebenarnya ini sih hal yang biasa saja bila anda sudah biasa mendownload file-file berbentuk video. Tapi tak apalah, siapa tahu bermanfaat. Soalnya admin sendiri beberapa hari baru menemukan trik sederhana ini ketika mencoba mendownload video animasi tentang suatu materi pembelajaran dari youtube lewat hp (handphone). Walaupun demikian, trik ini juga tetap dapat dipakai saat berburu video dengan PC atau laptop atau gadget lainnya.

Trik Menggunakan ss dan s untuk Download Video

Bila anda ingin mendownload sebuah file video dari youtube, ternyata caranya sangat gampang. Berikut langkah-langkahnya
  1. Misalnya, anda menginginkan sebuah video tentang pelaksanaan seminar proposal ptk (penelitian tindakan kelas) dari situs youtube dengan alamat video atau URL http://www.youtube.com/watch?v=vP1xqluKLqA
  2. Selanjutnya pada adress bar browser anda,  tambahkan dua huruf yaitu ss pada bagian depan kata youtube.
  3. Sehingga URL atau alamat video di youtube tersebut diubah menjadi http://www.ssyoutube.com/watch?v=vP1xqluKLqA, tekan ENTER (atau refresh halaman tersebut).
  4. Selanjutnya akan muncul tampilan halaman savefrom.net yang siap membantu anda mendownload video tersebut dalam aneka format, seperti FLV 240 p, FLV 360 p, 480 p, MP4 360 p, WebM 360 p, WebM 480 p, 3GP 144 p atau 3GP 240 p.
  5. Klik jenis file dan kualitas yang anda inginkan, maka otomatis file video akan terdownload.
Cara Download Video dari Youtube dan rapidshare dengan Mudah
Cara Download Video dari Youtube dengan Mudah
Catatan: penambahan dua huruf yaitu ss di depan kata youtube pada alamat URL video berlaku untuk video yang terdapat di situs youtube.com. Trik untuk mendownload video dari rapidshare.com sedikit berbeda, yaitu hanya menggunakan satu huruf s untuk ditambahkan di depan rapidshare.

Jika anda menggunakan browser mozzila firefox di laptop atau PC, maka untuk mengambil file video, anda dapat membuka menu TOOL di kiri atas browser, lalu klik DOWNLOAD, maka jendela pop up akan terbuka untuk membuka folder DOWNLOAD pada laptop/PC anda.

Sebenarnya cara ini adalah cara singkat mendownload video dengan bantuan situs online savefrom.net. Ada cara lain tetapi sedikit lebih panjang, misalnya dengan terlebih dahulu membuka laman savefrom.net kemudian mem-paste URL video yang kita inginkan pada tempat yang telah disediakan dan mengklik tombol DOWNLOAD. Atau dapat juga dengan menambahkan sfrom.net/ di depan alamat URL video yang kita ingin download. Yah terserah anda saja bagaimana enaknya. Oh ya, ini berlaku baik pada saat anda browsing menggunakan handphone (HP) ataupun PC atau laptop. Keunt ungan dari penggunaan svaefrom.net adalah kita tidak memerlukan untuk menginstall java pada browser kita, atau pada saat IDM (Internet Download Manajer) atau Add On dari browser Mozilla untuk mendownload video tidak tersedia di laptop, HP (handphone), atau gadget kita.

Sebenarnya savefrom.net telah support untuk mendownload video-video dari beragam situs seperti filefactory.com, sendspace.com, youtube.com, metacafe.com, break.com, dailymotion.com, vimeo.com, sevenload.com, mail.ru, smotri.com, yandex.ru, rambler.ru, tvigle.ru, facebook.com, livejournal.com, dan banyak lagi.

Oke, demikian trik sederhana dari blog penelitian tindakan kelas, siapa tahu anda saat ini sedang kebingungan untuk mendownload video-video untuk kebutuhan pembelajaran di kelas anda atau video lainnya. Salam.

Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...