Media Pendidikan - Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Friday, April 4, 2014

Media Pendidikan - Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya

Review Buku:


Buku pendidikan dan keguruan, 330 halaman, berat: 0,32 kg, Ukuran: 13,5 x 20,5 cm,
Published by: Rajawali Press
Date published: 09/12/2008
Edition: Buku Ajar Perkuliahan
ISBN: 979-421-025-0
Available in Paperback

Kata pengantar untuk buku karangan Dr. Arief S. Sadiman, M.Sc dkk ini diberikan oleh Prof. Dr. Harsja W. Bachtiar. Buku setebal 330 halaman ini lebih dari cukup sebagai buku pegangan mahasiswa atau dosen di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) atau STKIP. Bagaimana tidak, melirik dari judulnya bukunya saja kita sudah bisa meraba bahwa buku ini mencakup bahasan yang cukup komprehensif tentang media pendidikan.

Buku media pendidikan ini dibagi ke dalam 6 bab besar meliputi:
  1. Media Pendidikan dan Proses Belajar Mengajar.
  2. Jenis dan Karakteristik Media.
  3. Pemilihan Media
  4. Pengembangan Media Pendidikan
  5. Pemanfaatan Program Media
  6. Peralatan Media
Pada bab 1 tentang media pendidikan dan proses belajar mengajar, pengarang membahas tentang tinjauan umum media pendidikan, perkembangan media pendidikan, proses belajar mengajar sebagai proses komunikasi serta kegunaan media pendidikan dalam proses belajar mengajar.

Di bab kedua diuraikan jenis dan karakteristik media secara lengkap meliputi taksonomi atau penggolongan media pendidikan yang terdiri dari taksonomi media pendidikan menurut Rudy Brets, Hierarki media menurut Duncan, taksonomi media pendidikan menurut Briggs, taksomomi menurut Gagne, hingga taksonomi menurut Elding. Masih di bab kedua ini, juga dimasukkan informasi rinci tentang karakteristik media pendidikan berbentuk grafis, media audio, dan media proyeksi diam.

Di halaman ke 99 kita akan masuk ke bab ketiga yang menjelaskan secara rinci tentang bagaimana seharusnya pemilihan media pendidikan atau media pembelajaran dilakukan. Di bagian ini dibahas bagaimana sebenarnya media jadi dan media rancangan, kemudian dasar-dasar yang harus diperhatikan dalam pemilihan media beserta kriteria pemilihannya, hingga berbagai model atau prosedur pemilihan media pendidikan.

Bab ke-4 jauh lebih ekstended dibanding bab-bab sebelumnya. Di bagian ini kita diberikan referensi tentang pengembangan media pembelajaran mulai dari penyusunan rancangan yang terdiri dari pengertian penyusunan rancangan media, analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, perumusan tujuan perancangan media, pengembangan materi pelajaran terkait media, hingga perumusan alat ukur keberhasilan sebuah media pendidikan. Kemudian kita diajak pula untuk memahami bagaimana proses penulisan naskah untuk media pendidikan. Dalam bagian ini kita diberikan penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan naskah media pendidikan, treatmen (perlakuan), bagaimana menyusun naskah audio, penulisan naskah film bingkai, hingga film dan video. Kemudian bahasan dilanjutkan dengan pengetian produksi media pendidikan, meliputi produksi media audio dan film, dilanjutkan dengan macam-macam evaluasi yang dapat dilakukan terhadap media pembelajaran dan tahapan-tahapan yang harus dilakukan selama melakukan evaluasi.
Pada bab kelima dimuat pemanfaatan program media, meliputi pola-pola pemanfaatan, strategi pemanfaatan yang terdiri dari persiapan sebelum menggunakan media pendidikan pada sebuah pembelajaran, kegiatan selama menggunakan media dan bagaimana melakukan kegiatan tindak lanjut pada pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran. Selanjutnya pengarang juga memberikan contoh kasus penerapan media pendidikan.

Bab keenam lebih bersifat teknis, di mana berisi peralatan media. Di bagian ini dibahas bagaimana perawatan, pengoperasian, dan mengatasi gangguan atau hambatan ringan pada penggunaan media pendidikan. Pembahasan panjang lebar diberikan hingga buku ditutup dengan bagaimana peralatan media berbasis teknologi seperti video dioperasikan, dirawat dan mengatasi gangguan dalam penggunaannya di kelas.

Oh ya, buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar ilustrasi beragam media pendidikan yang dapat digunakan seorang guru dalam pembelajarannya di kelas sehingga memberikan gambaran yang lebih konkrit tentang media pendidikan tersebut. 
Demikian review singkat buku perkuliahan untuk mahasiswa keguruan dan ilmu pendidikan yaitu buku karangan Arief S. Sadiman yang berjudul Media Pendidikan - Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Semoga bermanfaat untuk anda.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...