Manfaat Media Blog untuk Pendidikan dan Sumber Pasif Income

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Thursday, May 22, 2014

Manfaat Media Blog untuk Pendidikan dan Sumber Pasif Income

Manfaat Media Blog untuk Pendidikan dan Sumber Pasif Income

Apa kabar pembaca blog penelitian tindakan kelas yang budiman? Mudah-mudah selalu dalam keadaan baik dan bahagia. Kali ini, blog kesayangan kita ini akan mengulas manfaat blog bagi dunia pendidikan. Secara khusus, tulisan ini juga memuat pengalaman saya memperoleh pasif income (penghasilan tambahan pasif) dari aktivitas blogging. Yuk disimak.

Manfaat Media Blog bagi Dunia Pendidikan

Jika kita memerhatikan isi (kandungan) artikel-artikel yang dipublikasikan di dalam sebuah blog bertema pendidikan, maka kita dapat mengklasifikasikan blog-blog tersebut dengan mudah. Biasanya, isi artikel blog sangat berkaitan dengan pembaca yang ditarget oleh seorang blogger pendidikan. Menurut saya, berdasarkan pengamatan terhadap banyaknya blog-blog pendidikan, ada beragam jenis blog, yaitu: (1) blog berisi materi ajar; (2) blog berisi kumpulan makalah atau tugas-tugas mahasiswa kependidikan (calon guru); (3) blog berisi kumpulan bahan administrasi yang berkaitan dengan tugas guru; (4) blog berisi berita terbaru isu-isu seputar dunia pendidikan; dan (5) blog berisi artikel esai dan opini tentang dunia pendidikan. Akan tetapi, seringkali pula dijumpai blog-blog yang isinya melingkupi cakupan tema pendidikan yang amat luas (memuat kelima hal tersebut). Hal ini sah-sah saja, karena si penulis blog ( blogger yang bersangkutan) memiliki kebebasan tanpa syarat untuk menuliskan hal-hal yang menjadi ketertarikannya. Misalnya saja blog kesayangan kita ini, walaupun memfokuskan tulisan pada penelitian tindakan kelas dengan segala aspeknya, tetap tak melepaskan diri dari topik-topik lainnya (masih dalam kaitan dengan pendidikan) juga memuat artikel-artikel lain yang sekiranya mempunyai manfaat bagi pembacanya.

Manfaat Blog Bagi Saya Sebagai Guru

Saya pikir, saat ini ada banyak guru yang berharap mahir dan mudah menuangkan ide dalam bentuk tulisan (kenyataan di lapangan, banyak guru kita yang kesulitan menulis). Jika anda salah satunya, mungkin aktivitas blogging (menulis di blog) dapat menjadi pilihan. Saya juga dulu sangat kesulitan untuk menulis (baik artikel populer maupun karya ilmiah). Akan tetapi setelah menulis di blog, yang saya jadikan tempat dan media berlatih menulis, Alhamdulillah, saya mulai lancar menuliskan ide-ide yang ada di kepala saya. Menulis menjadi kegiatan yang menyenangkan buat saya. Hingga, jika saya tak punya banyak waktu untuk menulis saya jadi merasa kehilangan kegiatan (aktivitas) yang menyenangkan.

Bagi guru (seperti saya), aktivitas blogging saya maksudkan untuk membantu sesama rekan guru untuk meningkatkan kompetensi dengan cara memberikan informasi-informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan melakukan penelitian tindakan kelas. Selain itu, informasi tambahan lain yang ada di blog ini juga tak terlepas dari tujuan itu. Saya berpendapat, bahwa melakukan aktivitas blogging untuk membantu sesama guru (bahkan juga mahasiswa calon guru, dosen, pejabat di lingkungan dinas pendidikan, pengawas) tidak ada ruginya. Saya, dapat membagi informasi yang saya miliki. Selain itu, tahukah para pembaca yang budiman, bahwa saya juga bisa memperoleh penghasilan tambahan melalui program afiliasi (misalnya jualan buku secara online) dan penayangan iklan PPC (PAY PER CLICK).

penghasilan tambahan dari blog

Mulanya memang tak percaya jika aktivitas blogging itu dapat menghasilkan uang. Setelah saya tekuni selama bertahun-tahun, saya bahkan lebih kaget lagi karena kadang-kadang penghasilan saya (yang saya lakukan bilamana ada waktu senggang ini) justru bisa LEBIH BESAR DARI PADA GAJI SAYA sebagai guru PNS Golongan IV.

Anda bisa bayangkan, jika blog penelitian tindakan kelas yang mempunyai page view per hari (setara dengan banyaknya artikel yang dibaca semua pengunjung dalam sehari) mencapai 10.000 atau lebih (kadang bisa sampai 20.000) mendapatkan klik yang lumayan banyak pada tayangan iklannya, tentu saja saya dapat memperoleh uang dalam nominal yang cukup besar dengan harga per klik iklan antara Rp. 400,- sampai Rp.900,-.

Yang saya lakukan hanya menulis artikel, mempublikasikan di blog ini,lalu bila ada pengunjung blog yang tertarik mengklik iklan yang saya pajang, maka secara otomatis saya dapat uang yang setiap bulannya tak pernah telat ditransfer ke rekening saya. Intinya saya berbagi ilmu dan informasi, dan balasan untuk sayaadalah pasif income dari program afiliasi yang saya ikuti dan tayangan iklan. Balasan yang sangat setimpal bukan.

Menayangkan Iklan KlikSaya untuk Memperoleh Pasif Income

Tentu saja kita dapat menganggap penghasilan dari tayangan iklan di blog adalah pasif income. Kan kita tidak perlu susah-susah kerja. Cuma menulis lalu mempublikasikannya. Semakin banyak tulisan, semakin banyak pengunjung blog, dan ini juga berarti semakin banyak tayangan iklan anda, lalu semakin besar pula penghasilan anda. Sebagai informasi, jumlah page view perhari yang rata-rata 10.000 pada blog penelitian tindakan kelas ini berasal dari sekitar 450 artikel yang telah saya tulis sejak tahun 2009 lalu. Kecendrungan yang paling menggembirakan adalah, semakin hari, semakin banyak artikel yang saya tulis, semakin banyak pengunjung blog, semakin banyak klik iklan yang ditayang, dan pada akhirnya semakin banyak pasif income yang saya dapatkan. Intinya, grafiknya selalu naik.
pasif incone dari blog pendidikan
Punya banyak pengunjung blog berarti punya potensi besar untuk memperoleh pasif income dari blog
Di blog penelitian tindakan kelas ini, saya memang menayangkan iklan dari beberapa penyedia jasa pengiklan online, tetapi penghasilan saya banyak diperoleh dari KlikSaya.Com. Saya menempatkan iklan milik kliksaya.com pada tempat-tempat strategis sehingga mudah dilihat oleh pengunjung blog ini. Nah, jika anda juga punya blog, kenapa tidak ikut mencoba program penyangan iklan di blog anda oleh kliksaya.com seperti saya. Cara mudah sekali. Tinggal mendaftar lalu memasang kode (script) iklan di blog anda. Tertarik? Silakan baca dulu di sini biar jelas. Selamat mencoba. Yuk berbagi ilmu untuk memajukan dunia pendidikan Indonesia sambil meraih pasif income melalui aktivitas ngeblog.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...